3/2/08

Tabularium : Software Kearsipan Sederhana


TABULARIUM VERSION 2.1 (BUILD 37)
Copyright 1997-2004 David Roberts
All rights reserved

Berkenalan Dengan Tabularium


Tabularium adalah (dari bahasa Latin yang artinya kantor arsip atau registry) sistem manajemen koleksi arsip. Software ini khusus dirancang untuk kantor arsip yang ukurannya kecil namun dapat juga diterapkan pada kantor arsip berukuran besar. Secara teknis, Tabularium adalah aplikasi database berbasis Microsoft Access, yakni suatu kumpulan tabel, query, form on-screen, serta laporan yang dirancang dalam sistem yang terpadu.

Yang perlu diingat bahwa software ini bukan merupakan software yang stand-alone: kita harus lebih dulu menginstal Microsoft Access untuk menjalankannya. Saya rasa ini sangat mudah karena komputer kita biasanya sudah otomatis terpsang Microsoft Access yang sudah tergabung dalam Microsoft Office. Asalkan kita sudah menguasai Access, kita dapat dengan mudah mengotak-atik aplikasi ini.
Bagaimana Tabularium Bekerja ?
Sebagian besar dari isi Tabularium adalah Intellectual control arsip, yakni ‘...pengawasan yang dibangun atas muatan informasi arsip (baik dinamis ataupun statis) dengan tetap menekankan prinsip-prinsip kearsipan yakni prinsip asal-usul principle of provenance) dan prinsip penataan dan deskripsi arsip (principle of original order) (Judith Ellis, ed., Keeping Archives, Second Edition, WD Thorpe in association with the Australian Society of Archivists Inc, 1993, p. 472).

Secara lebih khusus, Tabularium membantu kita mendeskripsikan arsip statis beserta konteksnya, untuk menghasilkan hard copy standar dan alat bantu kembali arsip secara online dan menemukan arsip tertentu di depo arsip atau records centre dengan melakukan searching pada database Tabularium.

Tabularium juga mendukung kontrol fisik arsip, yakni ‘...pengawasan yang dibangun atas aspek fisik (seperti format, jumlah, dan lokasi) arsip statis dan dinamis yang ada pada tempat simpan. (Keeping Archives, p. 476).
Dengan demikian, Tabularium mendukung proses accession, peminjaman, dan tempat baca arsip, serta pemusnahan arsip-arsip yang bernilai guna sementara. Tabularium juga membantu kita menjejak di mana lokasi unit-unit arsip (bukan unit kearsipan loh !) yang berbeda-beda tersebut di tempat simpan kita.

Tabularium mendukung adanya tools untuk retensi arsip dinamis serta penyusuta. Dan yang terakhir, Tabularium memberikan berbagai statistik manajemen. Pada bentuk arsip konvensional, Tabularium memberikan kemudahan dalam pengelolaan arsip foto dan objek (seperti koleksi museum).

Cara Menginstalnya ?
DOWNLOAD DULU .... Di Sini
Kalau sudah diunduh...
Tabularium didistribusikan dalam format ZIP File.
Untuk mengisntal ke hard disk kita, ekstraklah semua file dari file ZIP kita lalu kopikan ke dalam folder tempat tujuan kita akan menyimpan, sebaiknya di : c:/tabularium

Dari CD-ROM:

Files yang ada di CD-ROM tidak dikompres ke dalam file ZIP. Cara nginstalnya:
1. buatlah folder di hd kita c:\tabularium (disarankan)

2. kopi semua file dari CD-ROM ke dalam folder tersebut

Tergantung komputer kita, kalau perlu kita ubah Properties file database ('mdb') 'Read only' setelah kita kopikan tadi. Caranya:

1. buka folder tersebut

2. Klik-kanan file database yang dimaksud lalu klik properties

3. buanglah tanda centang 'Read-only' is unchecked


Copyright

The author reserves all rights in the Tabularium database (except those parts, used with permission, in which copyright subsists in the Government of New South Wales) and in its associated documentation, including this manual.

Selamat Mencoba..... !


No comments:

Total Pageviews